IKLAN

Bukti Sulut Antusias Sambut FLS2N 2016, 33 Provinsi Tiba di Manado


Sebagian Panitia FLS2N Dit. Pembinaan Sekolah Dasar foto bersama sesaat setelah tiba di Manado, Minggu (28/8) (foto:Ist)

Sebagian Panitia FLS2N Dit. Pembinaan Sekolah Dasar foto bersama sesaat setelah tiba di Manado, Minggu (28/8) (foto:Ist)

MANADO-Tiba di Manado Sulawesi Utara (Sulut), para peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2016 yang datang dari berbagai daerah disambut dengan meriah. Di Bandara Samratulangi Manado misalkan, Dinas Pendidikan (Diknas) Sulut telah menyediakan beberapa pos diperuntukkan para duta FLS2N dari 34 Provinsi Indonesia. Selain itu ada tim penyambutan khusus dengan mengenakan baju kabasaran lengkap dengan senjata perang khas Minahasa, serta iringan musik Kolintang.

Selain itu, disepanjang jalan mulai Bandara Samratulangi hingga Manado, terpasang baliho dan umbul-umbul FLS2N.

Ragam baliho dan umbul-umbul ini adalah bukti bahwa Sulut begitu antusias menyambut FLS2N 2016.

Kemeriahan itu, juga dirasakan Panitia FLS2N dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (Dit. P. SD). Hal ini seperti disampaikan Diah Asih S, Koordinator Humas, Dokumentasi dan Publikasi FLS2N dari Dit. P. SD. Menurutnya, pada 27 Agustus 2016, Panitia FLS2N Dit. P. SD yang menumpang pesawat GA 626, menerima sambutan sangat meriah. Dus, sambutan ini terasa menghilangkan rasa lelah, letih dan lesu yang dirasakan.

“Kami tiba di Bandara Samratulangi pukul 18.10 WITA. Walaupun dengan kondisi lumayan letih karena waktu perjalanan 3 jam lebih, kami tetap semangat untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaan FLS2N di Manado,” tulis Diah pada sebuah catatan yang disampaikan kepada Tim Peliput FLS2N 2016, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Minggu (28/8).

Pada FLS2N 2016 ini, lanjut Diah, Panitia FLS2N Dit. P. SD bertempat di Hotel Swissbell, Manado, Jl. Jend. Sudirman Kav. 85-87 Manado 95122.

Setiba di Hotel Swissbell, mereka langsung melakukan koordinasi awal dengan seluruh panitia pusat dan panitia daerah. Rapat dipimpin Gusmayadi Muharmansyah dengan didampingi Koordinator FLS2N 2016, yaitu Dyah Khususiati.

“Luar biasa aura semangat kerja untuk memberikan hasil yang terbaik dalam pelaksanaan ini,” tulis Diah.

Menurut Diah, masing-masing cabang lomba dan festival dalam FLS2N 2016 jenjang SD akan dikomando oleh seorang koordinator. Lomba Menyanyi Tunggal akan dikomando oleh Agus Supriyanto; Humas oleh Trias; Gambar Bercerita oleh Agus F; Pidato oleh Purnamaningsih; Kriya Anyam oleh Daiyan; Cipta dan Baca Puisi oleh Suwardi; Pianika oleh Mardi Utomo; Kreasi Baru oleh Setio Nugroho; Baca Al Qur’an oleh Rudy Setiawan; Acara oleh Enfira Y; Sekretariat oleh Anto F; Perlengkapan oleh Maryanto; Transportasi oleh Andrea; Akomodasi oleh Heny; dan Humas, Dokumentasi dan Publikasi oleh Diah Asih S.

Sementara itu, karena keterbatasan ruang dan armada transportasi, Panitia FLS2N Dit. P. SD hanya mengirimkan 2 kontingen pada cara pembukaan dan penutupan FLS2N. Pertama, pada acara pembukaan FLS2N akan dimulai pada Senin, pukul 08.00 WITA, yang ikut serta adalah kontingen yang berada di Hotel Swissbell dan Hotel Travello. Kedua, pada acara penutupan yang akan dilakukan di hotel Sutan Radja, Minahasa Utara, pada 2 September 2016, pukul 15.00 WITA, adalah kontingen dari hotel Quality dan hotel Sahid Kawanua.

(srikandi/Dikdasmen/M. Adib Minanurokhim)