IKLAN

Buka Puasa di Rudis, Ini Permintaan Wali Kota GSVL Waspadai ISIS Masuk Manado


Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut saat menggelar buka puasa bersama para Imam Masjid se Kota Manado dan sejumlah warga muslim di Rudis Wali Kota

MANADO – Konflik bersenjata di Marawi, Filipina Selatan masih terus di waspadai Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) mengingat jarak tempuh dari Filipina Selatan menuju Sulut hanya memakan waktu 5 jam melintasi pulau Marore, Sangihe.

Menurut GSVL, kelompok sipil bersenjata yang berafiliasi dengan ISIS yang terlibat kontak senjata dengan aparat di Marawi mulai terdesak. Ditakutkan mereka sudah memasuki wilayah Indonesia. Dan wilayah yang terdekat adalaj Sulut.

“Saya mengingatkan kita semua untuk mewaspadai gerakan teroris ISIS yang ditenggarai memasuki wilayah Sulawesi Utara dan Kota Manado,” kata GSVL di sela-sela buka puasa bersama para Imam Masjid se Kota Manado dan sejumlah warga muslim di kediaman Rudis Wali Kota, Kelurahan Bumi Beringin, Kecamatan Wenang, Selasa (14/6/2017).

Menurutnya, pemerintah pusat telah memperketat pengawasan wilayah perbatasan, khususnya pulau-pulau terluar Indonesia.

“Konflik bersenjata di Marawi, di negara Filipina, telah membuat kelompok yang berafiliasi dengan ISIS disana mulai terdesak. Sehingga, tidak menutup kemungkinan mereka akan lari dan masuk ke Indonesia. Nah, jadi tugas kita bersama untuk mewaspadai masuknya gerakan ini, yang memecah belah umat beragama,” ujar GSVL mengingtatkan.

Untuk itu jalinan komunikasi antar umat beragama di Kota Manado saat ini sangat baik. Sehingga, para tokoh agama diminta untuk membantu pemerintah menjaga kerukunan dan toleransi di daerah ini.

“Mari, tugas kita bersama untuk ikut menjaga Sulawesi Utara dan Kota Manado dari gangguan-gangguan kelompok yang bertujuan membuat daerah kita ini tidak aman. Jika ada orang yang mencurigakan yang tidak kita kenal, segera laporkan itu kepada aparat pemerintah maupun aparat keamanan kita. Jangan sampai kita lengah,” pinta Wali Kota terbaik se-Indonesia itu. (anto/***)