IKLAN

BPMPD Sulut Targetkan Bina Desa, ODSK Dipermudah


Sekretaris BPMPD Sulut Feibe Rondonuwu

Sekretaris BPMPD Sulut Feibe Rondonuwu

MANADO-Guna menunjang program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK), terobosan baru dilakukan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sulawesi Utara (Sulut) yakni program Bina Desa sesuai Undang-undang No 6 tahun 2014.

Kepala BPMPD Sulut Muh Ruddy Mokoginta melalui Sekretaris Feibe Rondonuwu mengatakan Forum Bina Desa dimaksud sebagai upaya mensinerjikan dan mensinkronisasikan lintas SKPD baik Provinsi, Kabupaten/Kota yang bermuara ke Desa.

“Sekarang sementara dalam proses, 2016 ini kita baru bentuk forum. Kalau sudah ada surat keputusan (SK) Gubernur, nantinya BPMPD bentuk tim pengelola program Bina Desa Provinsi,”jelas Rondonuwu saat berada di ruang kerjanya, Selasa (26/6).

Desa-desa apa saja yang akan diberikan bantuan?

Rondonuwu menambahkan Desa yang nantinya mendapat bantuan tergantung data yang dimasukkan 11 Kabupaten dan Kotamobagu.

Diketahui setiap Kabupaten memasukkan 10 Desa yang memang benar-benar miskin dan tertinggal.

“Sekarang data yang masuk baru Sangihe dan Boltim, lainnya kami masih menunggu sesuai SK Bupati masing-masing dan data memang benar-benar harus akurat,”lanjutnya.

Jadi nantinya 120 Desa selama kepemimpinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Steven Kandouw, akan dibina.

“Masing-masing SKPD melihat mana Desa yang jadi prioritas akan dibantu tergantung tipologinya. 2017 nanti, Forum Bina Desa di launching, ini akan digenjot dan menjadi keroyokan semua SKPD, kesemuanya itu masih dalam proses, sekarang sementara dalam bentuk sosialisasi, “ungkapnya.

Senada dengan itu Kasub Pengembangan Usaha Ekonomi W.B Warokka menambahkan selain program Bina Desa setara UU No 6 Tahun 2014. Desa menjadi posisi strategis dalam pelayanan pembangunan masyarakat.

“Kan ini sesuai Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan menunjang visi dan misi ODSK,”beber Warokka.

Intinya program Bina Desa sesuai tupoksi SKPD dan BPMPD tidak ganggu dana SKPD melainkan SKPD kelola mengatur sendiri (masih dalam proses-red) berapa jumlah yang harus disiapkan SKPD.,”Nantinya, Desa Binaan yang akan dibantu semua SKPD, satu dua tahun bisa jadi Desa berkembang,”pungkasnya. (srikandipangemanan)

 

Manado Fiesta 2017