IKLAN

BPK Sibuk Periksa LKPD Pemkot Manado, Staf Keuangan/Bensek Malah Diizinkan Santai Keluar Negeri


Staf Bensek saat berada di Kuala Lumpur, Malaysia

Staf Bensek Pemkot Manado saat berada di Kuala Lumpur, Malaysia

MANADO – Diinjure time pemerintahan Royke Roring sebagai penjabat Wali Kota Manado, mengundang banyak celoteh dan sorotan sejumlah warga Manado.

Yang paling gress belakangan ini. Sejumlah staf diizinkan pasiar keluar daerah di tengah BPK RI sedang melakukan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Kota Manado.

Bahkan ada staf di bagian Bendahara Sekretariat (Bensek) dan Bagian Keuangan sampai tembus ke luar negeri, yakni Malaysia dan Bangkok.

Kloter staf keuangan Pemkot Manado yang mendapat jatah ke Bangkok

Kloter staf keuangan Pemkot Manado yang mendapat jatah ke Bangkok. Foto atas: Saat berada di Bandara Soekarno-Hatta hendak menuju Bangkok. (foto diambil dari akun FB salah satu staf)

Belakangan terendus kabar, keberangkatan sejumlah staf ini ternyata atas persetujuan Sekretariat Daerah (Sekda), Heafrey Sendoh dengan modus menerbitkan surat tugas.

Keberangkatan para staf di bagian strategis berhubungan dengan LKPD itu akhir pecan lalu. Padahal ketika itu, batas waktu penyusunan LKPD.

Salah satu staf di Bensek mengakui mereka memang baru saja kembali dari Malaysia, tapi memakai uang pribadi. “Kebetulan ada agenda kegiatan di Batam. Berangkat Kamis. Kami lalu Singapura kemudian ke Malaysia. Tapi itu memakai uang pribadi. Kalo ke Batam memang ada SPPD, karena berkaitan agenda kerja pemerintah,” aku staf perempuan tersebut, Senin (2/5).

Sementara staf di Bagian Keuangan dibantah Sekretaris Keuangan, Stefly Modaso jika ada yang sampai ke luar negeri. Sepengetahuannya hanya ke Jakarta. Itupun selesai menyusun LKPD.

“Memang benar, mereka staf bagian Akuntasi. Tapi hanya ke Jakarta. Itu sebagai reward buat mereka karena selama dua minggu full mereka focus susun berkas LKPD. Kalau mereka ke Bangkok, saya tidak tahu. Sepengetahuan saya hanya ke Jakarta. Kalaupun info itu benar, mungkin mereka pakai duit pribadi,” jelas Modaso.  (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017