IKLAN

Telah Berkoordinasi Dengan BPBD Sulut

BPBD Mitra Data Titik Longsor Dan Siap Diperbaiki


Telah Berkoordinasi Dengan BPBD Sulut

RATAHAN — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggra (Mitra) Jopi Mokodaser SH, mengatakan akan tangani titik-titik longsor yang ada di Mitra. “Kami telah mendata titik-titik longsor yang ada, untuk dilakukan perbaikan,” kata Mokodaser, Selasa (2/8).

Jopi Mokodaser SH

Jopi Mokodaser SH

“Dan kami juga telah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Sulut, mana-mana saja yang akan di tangani pihak BPBD Sulut dan pihak BPBD Minahasa Tenggara, agar tidak terjadi tumpang tindih dalam hal perbaikan titik longsor,” sambungnya.

Menurut Mokodaser, akan ada juga pembuatan tanggul Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Pisa Kecamatan Tombatu.

“Penguatan tanggul di Desa Pisa juga termasuk prioritas kami, agar adik-adik yang belajar ditempat tersebut bisa lebih aman,” jelas Mokodaser.

Lanjutnya, selain akan membuat tanggul, akan ada juga pembuatan tiga jembatan penghubung. “Pembangunan jembatan penghubung memang suatu hal yang sangat mendesak, namun kami masih menunggu dana dari pusat. Jika dana tersebut sudah ada, kami akan langsung memperbaiki apa yang menjadi kewajiban kami untuk diperbaiki,” terang Mokodaser.

Mokodaser mengakui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyetujui Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang diajukan dan tinggal menunggu dana tersebut dikucurkan dalam waktu dekat. Itu semua menurutnya, merupakan upaya dari Bupati James Sumendap SH, untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat bencana alam.

“Harus diakui, dana dari BNPB pusat yang akan dikucurkan, merupakan upaya dari Bupati untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat bencana alam,” aku Mokodaser sembari menyebut, masih banyak program-program prioritas yang akan diselesaikan pihaknya, namun dilakukan secara bertahap. (fensen)