IKLAN

BP3MS Gelar Musrenbang Revisi RPJMD Bolmong 2011-2016


 

Pelaksanaan Musrenbang Revisi RPJMD Bolmong Tahun 2011-2016. (f-humas bm)

Pelaksanaan Musrenbang Revisi RPJMD Bolmong Tahun 2011-2016. (f-humas bm)

BOLMONG – Badan Perencanaan Pembangunan Penanaman Modal dan Statistik (BP3MS) Bolmong menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) untuk merevisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2011-2016, di ruang rapat setdakab, Senin (1/6).

Bupati Hi Salihi B. Mokodongan dalam sambutannya mengatakan RPJMD memuat arah kebijakan keuangan daerah, kebijakan umum dan program SKPD, serta lintas SKPD dan program kewilayahan disertai dengan rencana kerja, dalam kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

RPJMD merupakan perwujudan janji politik Bupati dan Wakil Bupati pada saat kampanye, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat di wilayah Bolmong, dengan berpedoman pada RPJPD dan RTRW Provinsi Sulut.

Lebih lanjut bupati mengatakan bahwa forum ini mempunyai makna penting dan strategis dalam upaya melanjutkan pembangunan di Bolmong, untuk mencapai visi pembangunan jangka menengah daerah, tahun 2011 sampai tahun 2016, yaitu “Terwujudnya Bolaang Mongondow yang Berbudaya, Berdaya Saing dan Sejahtera”.

Sementara itu menurut Kasubbid Analisa dan Evaluasi Bappeda Provinsi Sulut Ny Syalom Korompis mengatakan, berdasarkan Permendagri Nomor 27 tahun 2014 tentang pedoman penyusunan pengendalian dan evaluasi RPJMD dalam Pasal 10 mengamanatkan bahwa penambahan program baru dalam RKPD dapat dilaksanakan setelah dilakukan perubahan atau penambahan program ,dalam RPJMD. Ketentuan tersebut mengakibatkan konsekuensi yuridis bahwa RPJMD harus dirubah untuk mengakomodasi program program baru tersebut.

Kepala BP3MS Ramlah Mokodongan MSi tujuan dilaksanakannya musrenbang ini adalah untuk merevisi RPJMD Kabupaten Bolmong tahun 2011 sampai dengan tahun 2016 yang disebabkan telah ditetapkannya Perda Nomor 3 tahun 2014, tentang perubahan atas Perda Nomor 2 tahun 2008, tentang oeganisasi dan tata kerja perangkat daerah kabupaten Bolmong. Perda tersbut menambah OPD dengan membentuk SKPD Kecamatan Dumoga Tengah, Kecamatan Dumoga Tenggara dan Kecamatan Dumoga. (yoan)