IKLAN

Boven: Save PD Bangun Bitung


Muzakir Boven

Muzakir Boven

BITUNG-PD Bangun Bitung salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mengelola aset Kota Bitung yakni Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) dan Kapal Motor (KM) Tude, harus mampu memberikan kontribusi bagi kas daerah untuk menunjang pembangunan serta kesejahteraan masyarakat di Kota Bitung.

“Save PD Bangun Bitung, sebab perusahaan yang mengelola aset daerah Kota Bitung ada penyertaan modal setiap tahun dari Pemkot, secara otomatis harus mampu dipertanggung jawabkan,” ujar Muzakir Boven, aktivis Kota Bitung, Kamis (17/3).

Ia menjelaskan, sistem pengelolaan Rusunawa dan KM Tude harus profesional, sehingga modal yang dikucurkan setiap tahun tidak mubazir, tetapi sebaliknya bisa dipertanggungjawabkan baik pemasukan maupun pengeluarannya. Pelaporan penggunaan anggaran serta pemasukan dari dua objek usaha PD Bangun Bitung harus jelas dan transparan, karena selama ini masih kabur.

“Jangan sampai PD Bangun Bitung hanya dipergunakan untuk kepentingan segelintir orang dan tidak ada kontribusi sama sekali terhadapa kas daerah, ingat..! BUMD ini menggunakan uang daerah sebagai modal usaha tentunya harus ada timbal balik atau take and give, PD Bangun Bitung adalah salah satu pilar untuk menunjang pembangunan di Kota Bitung, bukan parasit yang hanya tau menerima bantuan modal usaha tanpa bisa memberikan kontribusi ke kas daerah,” tegasnya.

Boven menambahkan, BUMD ini demi kepentingan masyarakat bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu, jadi tata kelolanya harus jelas. “Harus ada langkah kongkrit dari Pemkot Bitung menyelamatkan PD Bangun Bitung menuju Bitung hebat karena dikelola oleh tenaga profesional yang peduli dengan kemajuan Kota Bitung ditengah kompetisi global,” pungkasnya. (jones)

 

Manado Fiesta 2017