IKLAN

Bos PT RSR Bantah Terima Dana 1,8 miliar, Terkait Kasus Youth Center


Sidang lanjutan kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) penyalahgunaan anggaran pembangunan gedung gelanggang pemuda Kota Manado atau Youth Center

Sidang lanjutan kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) penyalahgunaan anggaran pembangunan gedung gelanggang pemuda Kota Manado atau Youth Center

MANADO – Sidang lanjutan kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) penyalahgunaan anggaran pembangunan gedung gelanggang pemuda Kota Manado atau Youth Center, kembali digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Manado Rabu (11/3). Dengan terdakwa DU alias Djudry (49), Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ryan Untu menghadirkan juga Direktur PT Radenma Sembada Raksa (RSR) Martianna Marpaung dan Ponidi Pangaribuan.
Dihadapan Majelis Hakim Jemmy Lantu, Darius Naftali dan Arizon Megajaya Pangaribuan mengatakan, kalau tahun 2011 dia mengenal terdakwa Umar melalui seorang rekan. Dia kemudian meminta bantuan mencarikan perusahaan, untuk kegiatan proyek di Kota Manado. “Saat itulah saya baru kenal dengan Umar, saya kemudian berkoordinasi dengan Direktur PT RSR Martianna Marpaung untuk pinjam bendera,” ucap Pangaribuan.
Ditambahkan Pangaribuan, proses selanjutnya terdakwa Umar berkoordinasi dengan Martianna. “Umar meminta biodata perusahaan, saya berikan. Selanjutnya Umar memberikan fee senilai Rp 82 juta untuk perusahaan,” jelasnya.
Sementara pengakuan Direktur Utama PT RSR Martiana Marpaung tidak mengetahui proses pembangunan gedung gelanggang pemuda, karena sepenuhnya diserahkan pada terdakwa Umar. “Saya hanya diminta menandatangi beberapa berkas yang diajukan Umar, karena menurut dia, berkas tersebut permintaan dari panitia untuk mengikuti lelang,” jelas Marpaung.
Menurut Majelis Hakim, ada penyetoran dana senilai Rp1,8 miliar ke rekening Marpaung, namun dibantah oleh wanita itu. Padahal, alat bukti berupa tanda tangan dari Martiana Marpaung sudah sangat jelas ada. “Tidak perna ada penyetoran, saya tidak tahu. Saya hanya diminta menandatangani berkas, itu saja,” jelasnya. (alen)

 

Manado Fiesta 2017