IKLAN

Boltim Waspada Penyakit TBC, Tahun 2014 Tangani 106 Penderita


 

Logo TBCBOLTIM – Pemkab Boltim saat ini tengah gencar-gencarnya memberantas penyakit tuberculosis (TBC). Pada tahun 2014 Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menangani 106 kasus. Kepala Dinkes Eko Marsidi melalui Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Wabah (P2W), Sammy Rarung mengatakan terjadi peningkatan TBC di wilayah Boltim. Ini berdasarkan jumlah pasien yang datang berobat.

“Tahun 2010 ada 84 kasus, 2011 ada 90 kasus, 2012 ada 92 kasus, 2013 ada 76 kasus dan tahun lalu ada 106 kasus. Ini didata berdasarkan jumlah pasien yang datang berobat ke puskesmas. Tapi jumlah itu sudah termasuk bawaan tahun sebelumnya,” ujar Sammy, Minggu (5/7).

Pemerintah pun terus berupaya mengobati warga yang terkena penyakit tersebut dengan menyiapkan obat secara gratis. “TBC dapat diobati asalkan mengikuti pengobatan secara rutin selama enam bulan. Kita siapkan obat paket gratis yang nilainya sekitar Rp 3 jutaan. Plus pemeriksaan tiga kali,” jelasnya, kemarin.

Upaya pencegahan terus dilakukan dengan mengkampanyekan bahaya merokok kepada masyarakat. “Ada beberapa lokasi yang kita sudah tetapkan sebagai daerah bebas asap rokok,” tuturnya.

Sementara Pemprov Sulut rencananya akan membangun klinik pelayanan bagi warga yang ingin berhenti merokok di Puskesmas Kotabunan. “Kita berencana untuk memperluas kawasan bebas dari asap rokok di sejumlah kantor dan tempat pelayanan publik yang telah dimulai dari puskesmas,” tuturnya serius. (yoan)

 

Manado Fiesta 2017