IKLAN

Bohongi Petani, Tuuk Desak Bulog Diusir dari Sulut


MANADO-Legislator Sulut dapil Bolmong Raya, Ir. Julius Jems Tuuk terus menyoroti sikap Bulog Sulawesi Utara, yang tak kunjung membeli jagung milik petani.

Ir. Julius Jems Tuuk

Ir. Julius Jems Tuuk

Kepada manadoline.com, Tuuk anggota Fraksi PDIP yang dikenal vokal ini menyatakan, Bolog yang ada  di Sulawesi Utara harus di usir.

” Menteri Pertanian Amran Sulaiman ketika datang di Sulut, dihadapan gubernur dan wakil gubernur, bupati, walikota serta kelompok tani, telah menyampaikan bahwa Bulog siap membeli jagung petani di Sulut. Tapi sampai sekarang Bulog tidak pernah membeli jagung petani,” ungkap Tuuk.

Tuuk mengakui kedatangan menteri ke Sulut hanya menyampaikan sorga telinga saja kepada petani. ” Kalau Bolog tidak beli berarti Menterinya pembohong,” tegas Tuuk.

Lanjutnya, yang terjadi sekarang ini selain Bulog tidak membeli jagung petani harganya malah turun. Dari Rp3.250 sekarang tinggal Rp2.250 ada selisi sekira Rp1000. ” luas lahan jagung di Sulut ada 75.000 hektar, Bulog hanya membeli satu setengah hektar. Ini kan tidak masuk akal,” kata Tuuk.

Dijelaskan Tuuk, Kementerian Perdagangan telah menetapkan harga acuan pembelian dan penjualan  Jagung. Jika kadar air 15 persen beli Rp3.150 jual Rp3.650, kadar air 20 persen beli Rp3.050 jual Rp3.650, kadar air 25 persen beli Rp2.850 jual Rp3.650, kadar air 30 persen beli Rp2.750 jual Rp3.650, kadar air 35 beli Rp2.500 jual 3.650.

” Dengan kondisi Bulog seperti ini. Saya khawatir program OD-SK 2 juta ton jagung per tahun 300.000  hektar tidak akan berhasil,” imbuh anggota Komisi I membidangi Hukum dan Pemerintahan.

Putra Totabuan menyatakan,  Bulog harus mensupport Program Swasembada jagung dari Pemerintah Sulut yaitu gubernur dan wakil  gubernur bukan dengan cerita tetapi harus dengan fakta di lapangan.

“Kalau Bulog hanya bisa berteriak dengan janji-janji. Ingat, monyet dihutan pun berteriak,” imbuh Kakak kandung Yani Tuuk yang kembali bertarung di Pilkada Bolmong berpasangan dengan Yasti Sueprejo. (mom)

 

Manado Fiesta 2017