IKLAN

Gerhana Matahari Total 2016

BMKG Perkirakan Kota Manado Besok Akan Tertutup Awan


Gerhana Matahari Total 2016

received_1001862386566376

Ilustrasi Gerhana Matahari

MANADO – Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada besok rabu (09/3) memang sangat fenomenal. GMT pernah terjadi pada 33 tahun yang lalu di wilayah indonesia ini terancam tidak bisa terlihat oleh masyarakat Kota Manado dan sekitarnya. Pasalnya, perkiraan cuaca pada besok hari untuk kota nyiur melambai berawan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulagi Manado melalui Prakirawan Rany Puspita Eka Wati yang ditemui di ruang kerjanya di Bandara Sam Ratulagi Manado pada selasa (08/3). “Perkiraan cuaca besok untuk Kota Manado dan sekitarnya adalah berawan, tapi hanya normal-normal saja,” kata Rany.

Diketahui, Gerhana Matahari Total atau Gerhana total, terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

Berikut perkiraan cuaca pada hari Rabu (09/3) untuk Kota Manado :
Kota Manado
Berawan
Suhu : 23 – 32 °C
Kelembaban : 60 – 96 %
Kec. Angin : 18 (km/jam)
Arah Angin : Utara

(eka/bmkg)