IKLAN

BLH Usut Limbah B3 di Drainase Pusat Kota Bitung


Ir. Jefry I. Kodoangan

Ir. Jefry I. Kodoangan

BITUNG-Badan Lingkungan Hidup Kota Bitung, Selasa (12/1), mengambil sampel limbah yang memenuhi drainase di Pusat Kota Bitung Kelurahan Bitung Tengah Kecamatan Maesa. Dugaan kuat limbah ini sengaja dibuang ke saluran air dan kini memenuhi drainase.

“Limbah tersebut sudah jelas kategori Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun-red), kami sudah mengambil sampelnya untuk diperiksa lebih lanjut, saat ini pihak BLH sementara menyelidiki asal limbah yang memenuhi drainase di pusat Kota Bitung,” jelas Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran BLH Kota Bitung, Ir. Jefry Kandowangko.

Ia mengaku terkejut ketika mengetahui bahwa Limbah yang berada di drainase, ternyata dalam jumlah yang besar. Untuk itu pihak BLH bidang pengendalian pencemaran sedang memeriksa semua drainase disekitar, untuk mengetahui asal limbah yang diduga kuat oli bekas.

“Kami juga sementara memeriksa tempat-tempat usaha disekitar lokasi ditemukan limbah tersebut, termasuk PLTD Kota Bitung yang berada tidak jauh dari lokasi ditemukannya limbah tersebut,” pungkasnya. (jones)