IKLAN

BKN ‘Cium’ Ada PNS di Sulut Kantongi Ijazal Palsu Demi Tunjangan Sertifikasi Guru


Kantor BKN Regional XI Manado berlokasi di Mapanget

Kantor BKN Regional XI Manado berlokasi di Mapanget

MANADO – Mencengangkan!!! Sejumlah PNS di Sulut, terutama guru diduga banyak mengantongi ijazah. Ini terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan Penggunaan Ijazah Palsu oleh PNS di oleh BKN Regional XI Manado du kantor Gubernur, Selasa (17/3).

Dugaan kuat, PNS nekat melakukan praktek pemalsuan ijazah ini diuga kuat demi mendapatkan tunjangan sertifikasi. Spontan, BKN dalam waktu dekat segera membentuk Tim Khusus (Timsus) akan meneliti ijazah S1 dan S2 seluruh PNS di Sulawesi Utara.

Kepala Kantor Regional XI BKN Manado, Englis Nainggolan, menegaskan bahwa sanksi yang tepat untuk PNS yang terbukti menggunakan ijazah palsu adalah pemberhentian dengan tidak hormat alias dipecat.

“Jika terbukti, sanksinya bisa pemecatan, karena mereka telah menggunakan keterangan dan dokumen palsu,” tegasnya.

Rakor ini diikuti Kopertis IX, BKD, Dinas Pendidikan Sulut, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan, perwakilan perguruan tinggi negeri dan swasta, BKD Sulut dan BKD kabupaten dan kota se-Sulut. Sementara itu diketahui dalam Rakor pencegahan penggunaan ijazah palsu pada pegawai negri sipil tersebut, menghasilkan tujuh poin kesepakatan. (anto reppy/slt)