IKLAN

BKD Kotamobagu Perintahkan SKPD Cek PNS Pengguna Ijazah Palsu


 

Ilustrasi: Ijazah Palsu

Ilustrasi: Ijazah Palsu

KOTAMOBAGU – Seperti daerah lain di Indonesia, Pemkot Kotamobagu pro aktif juga terkait penggunaan ijazah palsu jajarannya.

Untuk itu melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) telah menyurati seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk memeriksa keaslian ijazah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam mengajukan kenaikan pangkat maupun golongan.

Sekretaris BKD, Hensi Paputungan mengatakan pemkot telah mengeluarkan surat edaran terkait dugaan penggunaan ijazah palsu (palsu). “Kalau PNS pengguna ijazah yang melamar dalam beberapa tahun terakhir kita yakini tidak ada. Sebab dalam pemberkasan keadministrasian lamaran kita memeriksa dengan ketat seluruh berkas baik sebelum dinyatakan lulus dan sesudah dinyatakan lulus seleksi,” ujar Paputungan, Rabu (5/8) pagi.

Sekretaris BKD justru khawatir terjadinya aksi penggunaan ijazah palsu, saat PNS yang mengajukan persamaan golongan. Sekalipun sampai dengan saat ini belum ditemukan adanya indikasi ijazah palsu digunakan PNS Pemkot Kotamobagu.

Sementara itu BKD Kotamobagu akan mengajukan sanksi berat kepada PNS yang menggunakan ijazah palsu. Salah satunya penurunan golongan pada golongan dasar sebelum disamakan atau penurunan golongan setingkat di bawah golongan dasar. (yoan)