IKLAN

Berkat Pesawat Pembom Air, Sumarsono: Sebagian Besar Kebakaran Gunung di Sulut Tuntas


Penjabat Gubernur Sulut, Soni Sumarsono mengabadikan fotonya di patung pahlawan nasional asal Sulut, Samratulangi

Penjabat Gubernur Sulut, Soni Sumarsono mengabadikan fotonya di patung pahlawan nasional asal Sulut, Samratulangi

MANADO – Sejak tiba di Bandara Samratulangi, Manado sejak Sabtu (24/10), pesawat air tractor (AT) 802 milik Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI langsung beroperasi melakukan pemadaman kebakaran lahan pegunungan di Sulut yang terjadi belakangan ini akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

Sejak Selasa (27/10) pagi, pesawat pesawat pembom air (bantuan Australia yang dipiloti Piter Jones menyisir sejumlah kawasan kebakaran gunung di Sulut, diantaranya gunung Klabat, Dua bersaudara, dan Ambang.

“Ternyata hasilnya efektif,” kata penjabat Gubernur Sulut, Soni Sumarsono yang melobi langsung pemerintah pusat untuk mendatangkan pesawat pembom air tersebut.

Sumarsono sendiri sejak pagi memantau dan mencek langsung pemadaman dilakukan pesawat tersebut. “Jam 23.45 Wita saya baru tiba di rumah dinas the White House Bumi Beringin setelah memantau pemadaman di Gunung Ambang Boltim,” kata Sumarsono.

Pemadaman itu rencananya akan dituntaskan total hari ini (Rabu 28/10).  “Akan dituntaskan Rabu biar paripurna semuanya. Trimakasih dukungan semua pihak, khususnya para relawan, TNI, Polri, dan penduduk setempat,” kata Sumarsono. (antoreppy)