IKLAN

Berharap Dukungan Masyarakat, Lela: Perda adalah Landasan Hukum Pemerintah Jalankan Program


Sonny Lela

Sonny Lela

MANADO – Masih banyaknya masyarakat kurang memahami Peraturan Daerah, khusus produk yang dikeluarkan DPRD, membuat Badan Legislasi DPRD Manado beberapa minggu belakangan ini getol melakukan sosialisasi.

Seperti terungkap dalam sosialisasi 5 Perda di Kecamatan Singkil, diakui salah satu anggota Baleg, Sonny Lela, banyak masyarakat belum tahu persis produk hukum sebagai kebijakan dan landasan pemerintah dalam menjalankan tugas dan fungsi.

“Ini yang perlu kita sosialisasikan kepada seluruh masyarakat. Suatu UU, atau Perda merupakan landasan hukum, atau instrumen pemerintah menjalankan program pembangunan di Kota Manado,” kata Lela, salah satu moderator saat memberikan pemahaman dalam sosialisasi yang dihadiri para Lurah, Kepala Lingkungan (Pala), LSM, para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Kelima Perda yang disosialisasikan Baleg DPRD Manado di sejumlah Kecamatan itu masing-masing Perda Nomor 5 Tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan Tertentu, Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang Bangunan Gedung, Perda Nomor 07 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Persampahan da Retribusi Pelayanan Kebersihan, Perda Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Parawisata dan Perda Nomor 11 Tahun 2012 tentang Tata Letak Penepatan Reklame.

Lela berharap, sosialisasi yang dilakukan Baleg ini perlu mendapatkan respon dan dukungan dari lapisan masyarakat Kota Manado. Sebab, pembangunan di Manado dilaksanakan bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat secara transparan dan akuntable.

“Ini tujuannya agar tercapai pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat kota Manado. Jadi mari kita bersama mendukug produk hukum yang sudah dibuat ini,” pungkas Lela. (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017