IKLAN

Belasan HP Kena Sidak di Rutan Manado


KPR Rutan Kelas IIA Manado, Sonny Gumansalangi. (foto:kela)

KPR Rutan Kelas IIA Manado, Sonny Gumansalangi. (foto:kela)

MANADO – Petugas Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Rumah Tahanan Klas IIA Manado, Jumat (27/8) subuh kembali menggelar Sidak dengan menyisir Blok Sakura yang sehari-hari menjadi hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Tindak Pidana Korupsi dan Tahanan Anak itu berhasil menyita belasan handphone dan sejumlah barang yang dilarang beredar seperti sendok dan garpu stenlis, kabel dan cards HP.

Sidak sendiri berlangsung tepat pukul 05.30 Wita saat sebagian besar WBP masih terlelap tidur. ‘’Biasanya kami melakukan Sidak pada malam hari sesudah apel malam dan sesudah apel pagi, namun strategi kali ini berubah karena dilakukan saat WBP sebagian besar masih tidur pulas, ‘’ kata Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Sonny Gumansalangi, kemarin.

Tim Kamtib yang merupakan gabungan Petugas Pemasyarakatan Rutan dari KPR dan Pelayanan Tahanan dan Sistem Database Pemasyarakatan itu selain menyita Hanphone, juga kabel-kabel listrik, dan sejumlah barang terlarang lainnya.
‘’Semua yang memang jelas-jelas tidak diperkenankan barang tersebut berada dalam Rutan langsung disita dan dibuatkan alat bukti, ‘’ ujar Gumansalangi. Agenda Sidak ini, jelasnya, tetap dilakukan rutin dengan menyisir semua blok yang ada, tidak terkecuali. ‘’Kami sama sekali tidak ada kompromi. Rutan Manado harus bersih dari semua barang-barang yang dilarang.’’

Sementara itu, Muzakkir Abdullah, SH, salah satu tim Sidak menjelaskan sebagian besar WBP nampak tidak mengira bahwa akan dilaksanakan Sidak sehingga banyak yang terkejut. ‘’Namun suasana tetap kondusif,’’ ujarnya. (Kela)