IKLAN

BBPOM Manado: Waspada Bahan Berbahaya di Pasar…!


Sosialisasi penanganan bahan berbahaya pada barang dan pangan oleh BBPOM Manado, Rabu (19/8)

Sosialisasi penanganan bahan berbahaya pada barang dan pangan oleh BBPOM Manado, Rabu (19/8)

BITUNG-Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Manado, bertempat di Ruang Sidang Lantai IV Kantor Walikota Bitung, Rabu (19/8),  melaksanakan sosialisasi melalui  Forum Advokasi Pemerintah Daerah dan Lintas Sektor dengan tema “Dalam Rangka Pasar Aman dari Bahan Berbahaya”.

Sosialisasi ini dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Bitung Drs. Malton Andalangi bersama Kepala Balai Besar POM(BBPOM) Manado Dra. Susan Gracia Arpan, Apt, M.Si dan Direktorat Pengawasan Produk & Bahan Berbahaya Badan POM Drs. Mustofa Apt., M.Kes.

Andalangi dalam sambutannya mewakili pemerintah kota Bitung mengapresiasi positif terlaksananya sosialisasi ini. “Melalui sosialisasi lintas sektor ini, mari kita bersama pihak terkait yang berkontribusi besar untuk menangani masalah beredarnya bahan berbahaya dan pangan menggunakan bahan berbahaya, serta berupaya mengedalikannya,” tuturnya.

Sementara itu, Gracia Arpan menyampaikan bahwa bahan berbahaya ini sering disalahgunakan dalam pangan, mudah didapat dan dijualbelikan dipasar secara bebas.

“Waspada sebab hasil observasi menunjukkan bahwa pasar merupakan simpul penting dalam rantai peredaran bahan berbahaya yang disalahgunakan untuk pangan, BBPOM Manado memilih kota Bitung yaitu pasar winenet untuk diintervensi melalui Program Pasar Aman dari Bahan Berbahaya selama 3 (tiga) tahun,” jelas Arpan.

Melalui sosialisasi ini dilaksanakan diskusi panel antara Balai POM, DPRD Kota Bitung, BAPPEDA Kota Bitung, Dinas Pasar, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, MUI Kota Bitung, LSM serta pihak-pihak terkait lainnya.

Pihak terkait berkomitmen bersama untuk melakukan  penanganan terhadap beredarnya barang berbahaya dan pangan yang menggunakan bahan berbahaya,dintaranya borax, formalin dan pewarna textil. (jones)

 

Manado Fiesta 2017