IKLAN

Bawa 10 Butir Trihex, 1 Besukan di Rutan Manado Ditahan


image

Mumahad Tahmi dan obat Trihex yang dibawanya

MANADO-Berkat kesigapan Petugas Pemasyarakatan yang bertugas  saat besukan pertama Idul Fitri di Rumah Tahanan Klas IIA Manado, Rabu (6/07) Muhamad Tahmi,  warga Wonasa Lingkungan II,  Manado, akhirnya diamankan karena saat   digeladah,  ditemukan 10 butir obat terlarang berjenis Trihex. Setelah  di BAP, pihak Rutan langsung menyerahkan ke pihak berwajib untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Kejadiannya,  terjadi saat besukan tiba. Muhamad Tahmi yang masih berusia 16 tahun, menurut Jerry Djarang, petugas    yang bertugas di bagian penggeledahan pria, Tahmi bersama  empat temannya  telah menimbulkan kecurigaan karena saat  berada di ruang penggeledahan, ternyata masih memegang jaketnya. 

‘’sejak awal  dia telah memperlihatkan gerak gerik yang mencurigakan, karena tidak menitipkan jaket di loker yang telah disediakan.  Saat kami mau memeriksa jaketnya,  obat jatuh dari jaketnya,’’ ujar jebolan AKIP Angkatan 47  yang sehari-hari bertugas di Bagian Pelayanan Tahanan Rutan yang berada di Bilangan Malendeng itu.

Setelah ditanya jenis obat apa yang dibawanya, Tahmi mengelak dan menjelaskan bahwa dia sebenarnya dijebak oleh  orang yang tidak dikenal. Karena  memberikan penjelasan yang berbelit0belit, dia lantas ditangani oleh petugas KPR, Ricko S Wendur,  untuk diambil Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Dari hasil pemeriksaan ternyata obat yang dibawa oleh Tamin adalah Trihex.

‘’Usai BAP, dia langsung diserahkan ke Polsek  Tikala. Kabar terakhir, setelah dipidahkan ke Polres, kini sudah ditangani Direktorat Narkoba Polda Sulut untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,’’ ujar Kepala Rumah Tahanan Klas IIA Manado, Akhmad Zaenal Fikri, kemarin.

Didampingi Kepala Pengamanan Rutan, Sonny Gumansalangi,  pria asal Lombok itu menjelaskan, selain memberikan kesempatan kepada para besukan, namun standar pengamanan tetap diberlakukan. ‘’Kami  tidak kompromi dengan  segala jenis  barang terlarang yang coba dimasukkan ke dalam Rutan,’’ ujarnya. (Christ)