IKLAN

Badan Keamanan Laut RI Gelar Sosialisasi Life Jacket Untuk Nelayan


received_987840447968570

Badan Keamanan Laut RI saat mengadakan sosialisasi. (Foto eka/ml)

MANADO – Mendukung Salah Satu Program Presiden Jokowi yang ingin menjadikan Indonesia sebagai Negara Poros Maritim Dunia dimulai dari hal-hal kecil yang akan berdampak besar. Hal kecil tersebut dengan memberikan keselamatan untuk para nelayan-nelayan Indonesia. Dalam hal ini, Badan Keamanan Laut RI yang dibawahi langsung oleh Presiden RI membuat sosialisasi tentang Life Jacket atau pelampung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tumumpa Dua pada kamis (11/2).

Perwakilan dari Badan Perwakilan Laut RI Kolonel Maritim Mohammad Irwandi, SE. MSi mengatakan sosialisasi ini digelar untuk memberi pemahaman kepada masyarakat khususnya nelayan tentang pentingnya memenuhi standar keamanan di laut. “Ini adalah salah satu kegiatan kecil untuk dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk menjaga keselamatan nelayan. Kami juga membagikan Life Jacket kepada nelayan-nelayan yang berada di pesisir pantai” kata Irwandi.

received_987840487968566

Penyerahan secara simbolis life jacket. (Foto eka/ml)

Pihaknya juga membagikan 300 buah life jacket atau pelampung ini kepada nelayan-nelayan tersebut dan program ini sudah bejalan sejak tahun 2012. “Program pendistribusian life jaket ini bukan baru sekarang dijalankan namun sudah dari tahun 2012 silam. Seluruh dunia sudah menggunakan peralatan ini maka nelayan Sulut juga harus melakukan hal yang sama. Meski nelayan kita tangguh di laut tapi kalau ada kecelakaan setidaknya bisa terbantu dengan life jacket ini” ujarnya.

Sementara itu, Aziz Loki salah satu nelayan yang menerima life jacket tersebut mengaku baru kali ini mendapatkan jeket pelampung itu. “Selama saya berlayar, baru kali ini mendapat pelampung. Memang kami nelayan membutuhkan peralatan seperti ini. Kami selaku nelayan sangat berterima kasih kepada Bakamla RI yang sudah memberikannya secara gratis” kata Nelayan Pajeko tersebut.

Diakhir sosialisasi, Irwandi juga berharap bantuan kecil ini bisa bermanfaat bagi nelayan. “Sebagai poros maritim dunia nantinya, dimulai dari hal-hal seperti ini. Kami juga berharap bantuan kecil ini dapat bermanfaat dan dapat digunakan sebagai mana mestinya” tutupnya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh TNI AD, TNI AL, Polri dan BNPB serta para nelayan pesisir. (ekaputra)

 

Manado Fiesta 2017