IKLAN

Awas! Masalah Tanah Hambat Penerapan KEK di Sulut


Denny Sumolang

Denny Sumolang

MANADO— Banyaknya persoalan tanah yang bermasalah membuat Deprov Sulut, Denny Sumolang sangsi program penerapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulut akan berjalan mulus.

Untuk itu, Sumolang mengingatkan Pemprov Sulut dan Kabupaten/Kota untuk menuntaskan masalah-masalah tanah sebelum penerapan KE).
Kepada wartawan Sumolang yang tercatat sebagai anggota Komisi I bidang Hukum dan Pemerintahan menyatakan, status tanah harus dibereskan. “Jangan sampai masalah-masalah tanah ini akan menjadi kendala di kemudian hari,” tegas Sumolang.

Lanjut Sumolang, pemerintah juga harus wapada ketika pembayaran ganti rugi tanah. “Tanah atau lahan yang nantinya akan digunakan para investor harus jelas dulu. Jangan sampai KEK sudah jalan pemerintah disibukkan dengan menyelesaikan ganti rugi tanah karena dituntut oleh masyarakat,” papar Sumolang.

Sekadar diketahui, contoh masalah tanah yang menghambat pembangunan di Sulut, seperti pembangunan jalan Tol Manado- Bitung yang sampai sekarang ini terkendala karena pembayaran ganti rugi lahan sampai sekarang tidak tuntas. (mom)