IKLAN

Awas… Mafia Tanah Merajalela di Manado


Bambang Hermawan

Bambang Hermawan

MANADO – Mafia tanah di Manado makin merajalela. Warga diimbau berhati-hati karena diperkirakan ratusan sertifikat palsu beredar di tengah-tengah masyarakat.

Hal diungkapkan anggota dewan kota Manado Bambang Hermawan, saat di gedung DPRD Manado, Rabu (14/01). Menurut Bambang, banyaknya kasus sengketa tanah yang sampai berproses di pengadilan termasuk klaim tanah oleh pihak-pihak tertentu, mengisyaratkan bahwa kinerja mafia tanah sudah sangat meresahkan.

“Klaim tanah dengan munculnya sertifikat terhadap tanah merupakan kerjanya mafia tanah. Masakan, tanah yang ada rumahnya dan sudah ditempati warga puluhan tahun, harus dieksekusi hanya karena muncul pihak lain yang mengklain bahwa tanah tersebut milinya,” tegas Bambang.

Lebih lanjut, Ketua Fraksi PAN ini menjelaskan bahwa sebaiknya pemerintah, BPN, kepolisian perlu memberantas merajalelanya mafia tanah. Terhadap BPN, sangat diharapkan lebih hati-hati menerbitkan bukti hak terkait administrasi pertanahan, karena jika tidak tertib ratusan bahkan ribuan warga Manado akan kehilangan hak atas yang mereka tempati dan miliki. (christian)