IKLAN

Astaga… Selama Januari, Disdukcapil Terbitkan 25 Surat Cerai


Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Kota Manado, Hans Tinangon.

Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Kota Manado, Hans Tinangon.

MANADO – Tingkat perceraian di Kota Manado terus mengalami peningkatan. Hal tersebut tampak dari data yang diterima manado line melalui data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Manado yang disampaikan oleh Kepala Dinas Hans Tinangon, Rabu, (11/02) di ruang kerjanya.
Berdasarkan data, selang Januari 2015 jumlah pasangan suami istri yang melakukan pengurusan surat cerai di kantor Disdukcapil berjumlah 25. Adapun pengurusan surat cerai didasarkan pada putusan pengadilan.
Pada 2015 khususnya bulan Januari terjadi 25 peristiwa perceraian. “Selama bulan Januari, terjadi 25 peristiwa perceraian, berdasarkan putusan pengadilan,” kata Tinangon.
Menurutnya, pihak Disdukcapil tidak memutuskan lalu menerbitkan surat perceraian. Keputusan tersebut ada pada pihak pengadilan. Meski dirinya mengaku prihatin dengan angka perceraian yang terus mengalami peningkatan.
“Kami hanya menjalankan putusan pengadilan, untuk segera menerbitkan surat cerai. Sangat disayangkan memang, tapi harus bilang apa,” ungkapnya.
Lebih lanjut dirinya menjelaskan alasan dari proses perceraian pasangan suami istri berdasarkan pada hasil putusan pengadilan karena tidak ada lagi kecocokan. Diperlukannya kajian lebih lanjut soal fenomena perceraian, agar diperoleh solusi untuk menekan angka perceraian sehingga mendapatkan situasi rumah tangga yang harmonis.(christian)

 

Manado Fiesta 2017