IKLAN

Astaga,,, Ranperda BUMD Diduga Hanya Copy Paste dari Jawa Timur


MANADO-Ternyata cepatnya pembahasan Ranperda Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) oleh Panitia Khusus, menyimpan suatu misteri.

Felly Runtuwene

Felly Runtuwene

Selain  pembahasannya terbilang cepat. Pansus yang diketuai oleh Ketua Fraksi PDIP, Teddy Kumaat pada saat pembentukan Pansus sudah terjadi polemik. Ini dibuktikan mulai dari pembentukan anggota hingga pemilihan struktur pimpinan menjadi sorotan

Bahkan saat pembahasan pasal per pasal kurang diikuti oleh anggota pansus yang lain. Namun pembahasannya tetap jalan dan tuntas hanya dalam waktu 2 minggu. Sehingga Pansus BUMD ini patut di contohi oleh Pansus lain.

Tetapi ternyata cepatnya pembahasan Ranperda BUMD yang merupakan Ranperda inisiatif DPRD khususnya Komisi II  diduga semuanya bukan hasil pemikiran dari Komisi II yang mengusulkan ranperda ini.

Ini terungkap ketika Ketua Fraksi Restorasi Nurani Untuk Keadilan, Felly Runtuwene yang merupakan Wakil Ketua Pansus BUMD menyatakan bahwa Ranperda BUMD ini bukan hasil pemikiran dari Pansus.

Kepada wartawan, Runtuwene menyatakan Pansus BUMD adalah unproce-dural.

“Ini bukan pemikiran dari DPRD, tetapi hanya copy paste tahun 2013 dari dari daerah lain yaitu Jawa Timur,” papar Runtuwene dengan nada tegas.

Lanjut Runtuwene, Ranperda BUMD, bukanlah murni hasil pemikiran dari Komisi II. Runtuwene  mengaku awalnya  sudah menegur anggota fraksinya, Noldy Lamalo. “Saya sudah tegur dia. Sebelum ini ma-suk ke Baleg, saya sempat bertemu dengan Ketua Komisi II untuk menanyakan terkait BUMD dan jawaban dari ibu tidak tahu. Itulah akar permasalahannya,” tambah Runtuwene.

” Ini saya sampaikan, biar saja malu dari awal jangan nanti belakangan. Kasihan nanti pak gubernur dan wakil gubernur,” kata Runtuwene lagi.

Sementara ketidak-hadirannya di setiap pembahasan  Runtuwene mengakui saat pembahasan itu ia membawa suami dan ibunya berobat di Penang Malaysia.

“Hari Selasa saya datang untuk finalisasi pembahasan ranperda. Tetapi pembahasannya tidak jalan. Saya sudah samperin komisi II, tapi tidak ada orang,”aku legislator dari dapil Minsel-Mitra. Sambil menambahkan bahwa tidak ada kekecewaan sedikit pun dari dirinya. (mom)

 

Manado Fiesta 2017