IKLAN

Astaga… Pos Damkar Tak Ada Petugas


Adri Supit

Adri Supit

BITUNG-Solidaritas Persatuan Pedagang Pasar Winenet Kota Bitung (SP3W), mempertanyakan Pos Pemadam Kebakaran yang terletak didepan Polsek Aertembaga. Pasalnya, sudah sejak lama pos tersebut tidak berfungsi dengan baik, bahkan tidak terlihat satupun petugas Damkar.

“Pasar sangat rentan dengan kebakaran, apalagi seperti pasar Winenet yang padat dengan pedagang, tetapi anehnya pos Damkar didepan Polsek Aertembaga tidak terlihat satupun petugas, padahal para pedagang setia membayar iuran kebakaran, pos tersebut hanya dibiarkan kosong dalam jangka waktu yang lama,” ujar Syamparudin, perwakilan SP3W, Selasa (26/1), saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi C DPRD Kota Bitung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung Adri Supit, menjelaskan keterbatasan porsenil serta status Bangunan yang belum di hibahkan oleh Propinsi Sulut, sehingga pihaknya terbatas untuk mengelolah lebih jauh. Sementara itu dari pihak Dinas Pasar mengatakan bahwa tidak ada retribusi untuk kebakaran, yang di pungut oleh Dinas Pasar hanya Retribusi Kebersihan dan retribusi Pasar.

Adapun hasil RDP yaitu: 1. Dinas Pasar membuat pengadaan tabung Pemadam Kebakaran khusus di Daerah Pasar Winenet; 2. BPBD kiranya membuat surat permohonan untuk penambahan Petugas Damkar; 3. BPBD segera mengagendakan sekaligus membuat pelatihan cara penanganan Bencana dan penggunaan Alat-alat Damkar; 4. Pemerintah Kota Bitung segera menyelesaikan Proses hibah lahan dan bangunan Pos Damkar yang ada di Kecamatan Aertembaga; 5. BPBD segera menyurat kepada PDAM Bitung untuk pengadaan hidran air yang nanti akan di pasang di lokasi pasar Winenet.

RDP dengan Komisi C DPRD Kota Bitung tersebut dipimpin oleh John Hamber didamping Femmy Lumatauw, Keegen Kojoh, dan Syam Panai. (jones)