IKLAN

Astaga… Populasi Burung Maleo di Sitaro Mulai Punah


Burung Maleo

Burung Maleo

SITARO – Komunitas Pencinta Alam Sitaro (Kompas) sangat sedih mengetahui populasi burung Maleo yang bertelur di Pulau Manumpitaeng kian menurun drastis. “Dari tahun ke tahun populasi ini kian menurun. Padahal, pada tahun sebelumnya, dalam satu hari ada 100 sampai 200 ekor meleo mengunjungi pulau Manumpitaeng setiap subuh. Apa yang terjadi saat ini sangat memprihatinkan,” kata Buyung Mangangue Ketua Kompas Sitaro, Sabtu (18/4)

Lanjut Buyung sebelumnya, ketika melakukan pengamatan awal Oktober 2013, hingga tahun 2014 silam jumlah burung Meleo yang tersisa tinggal 20 ekor. “Penyebab itu, karena ribuan sarang Meleo dibongkar habis orang–orang tak bertanggungjawab, pastinya popilasinya saat ini makin turun, apalagi ini sudah tahun 2015,” sebutnya.

Untuk itu dirinya berharap, sebaiknya masyarakat yang ada di Kab/Kap Sitaro ini, dapat melestarikan populasi burung maleo agar tidak akan punah dengan sendirinya. “Kan, sayang kalau anak cucu kita nanti sudah tidak akan mengenal lagi akan satwa ini, karena yang berdampak kedepan nanti, untuk itu mari sama- sama kita menjaga dan melestarikan populasi maleo ini,” ajaknya.(son)

 

Manado Fiesta 2017