IKLAN

Aset Pemkot Bakal Hambat Pembahasan RPJMD di DPRD Manado


Tim Pansus RPJMD DPRD Kota Manado, saat berada di kantor Kemendagri Jakarta.(Foto: Kabag Humas, Steven Nangoy)

Tim Pansus RPJMD DPRD Kota Manado, saat berada di kantor Kemendagri Jakarta.(Foto: Kabag Humas, Steven Nangoy)

MANADO – Nasib Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kota Manado, kini berada di tangan anggota DPRD Kota Manado. Bahkan dikabarkan Ranwal RPJMD lima tahunan tersebut nasibnya akan mengalami perubahan sesuai dengan masukan dan arahan dari DPRD.

Meskipun, Ranwal RPJMD ini penyusunannya sudah melalui proses masukan dari sejumlah stage holder termasuk masyarakat dan SKPD di Pemkot, namun kabarnya DPRD juga telah memberikan masukan dan arahan untuk ditambahkan dalam Ranwal tersebut. Salah satunya adalah terkait proses penelusuran aset Pemerintah Kota Manado. Dimana Ketua Pansus Benny Parasan meminta agar tim penyusun menambahkan daftar rincian aset milik daerah tersebut.

Bahkan sesuai informasi yang diterima ManadoLine, Panitia Khusus (Pansus) pembahasan ranwal RPJMD tersebut sudah mengkonsultasikan hal itu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dibawah pimpinan Wakil Ketua DPRD Kota Manado dr. Richard Sualang, selaku koordinator, Jumat (2/9) di Jakarta.

Parasan menjelaskan, konsultasi dilakukan untuk mendapatkan masukan tentang penyusunan RPJMD yang berpedoman pada RPJM Provinsi dan RPJM Nasional. “Kami meminta masukan tentang proses penyusunan RPJMD Kota Manado, yang berpedoman pada RPJP Provinsi Sulut dan RPJM Nasional,” tuturnya, sembari menambahkan, banyak juga masukan tentang penjabaran visi dan misi serta program Kepala Daerah.

Sementara itu, Bartje Assa membenarkan bahwa Pansus DPRD telah meminta untuk menambahkan beberapa hal di RPJMD. Namun terkait dengan rincian aset pemerintah daerah, hal tersebut tidak akan dijabarkan secara rinci. “Tidak akan dirinci satu persatu soal aset daerah. Karena hal itu tidak mesti untuk dijabarkan. Hanya secara umum saja,” pungkas Assa kepada ManadoLine.(MichaelCilo)

 

 

Manado Fiesta 2017