IKLAN

Lelang Aset Kendis dan Meubel, BPK-BMD Sulut Sebut Ikut Prosedur


MANADO-Aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) berupa kendaraan dinas (Kendis) dan meubel secara teknis lelang harus ikuti prosedur sesuai usulan dari pengguna yakni Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Hal ini dikatakan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPK-BMD) Sulut Olvie Atteng melalui Kabid BMD Tinny Tawaang. Menurutnya, dari pengguna (SKPD-red) bisa mengetahui langsung apakah layak dijual atau masih bagus. Kalau layak dijual kendis 7 tahun sudah bisa dilelang, 5 tahunnya meubel,”jelas Tawaang saat berada di ruang kerjanya, Kamis (29/9).

Tawaang menyebut kondisi rusak atau tidak soal kendis dan meubel akan mendapat penilaian dari Dirjen Kekayaan Negara karena kita tidak ada sertifkat.

Setelah proses usul penilaian ke Dirjen, akan kita inventarisis baru ke Gubernur untuk persetujuan usul penjualan.

Pemprov belum ada sertifikat. Ini melibatkan kantor Kantor Pelayanan Kekayaan Negara & Lelang (KPKNL) Manado.

Terpisah, Gubernur Sulut Olly Dondokambey belum Da mengatakan aset pemprov akan dilelang harus mendapat persetujuan dari Kementrian Keuangan.

“Akan dilelang, tinggal menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Kementrian Keuangan,” ungkap Gubernur sembari menambahkan jika Juknis sudah ada.

Untuk itu, bagi siapa yang berminat membeli aset tersebut, diharapkan dapat berkoordinasi dengan BPK-BMD Pemprov,”pungkasnya.

(srikandi/hm)