IKLAN

Antisipasi Krisis Gula Pasir Jelang Lebaran, Kemendag dan Inkopkar Gelar OP di Manado


Suasana Operasi Pasar yang digelar Inkopkar di Pasar Bersehati, Calaca, Jumat (20/5) pagi tadi

Suasana Operasi Pasar yang digelar Inkopkar di Pasar Bersehati, Calaca, Jumat (20/5) pagi tadi

MANADO – Untuk memenuhi kebutuhan warga dan menekan harga gula pasir di pasaran jelang perayaan lebaran Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerjasama dengan Induk Koperasi Kartika (Inkopkar) Sulut menggelar Operasi Pasar (OP).

Jumat (20/5) pagi tadi, OP hari pertama telah dilaksanakan Inkopkar di Kompleks Pasar Bersehati, Kelurahan Calaca. “Ada dua titik akan dilaksanakan OP hari ini. Sekitar jam 10 nanti akan dilaksanakan di kompleks Lapangan Ketang Baru,” jelas Ketua Umum Inkopkar Sulut, Brigjen TNI Felix Hutabarat.

OP ini spotan langsung diserbu warga, terutama ibu-ibu rumah tangga. Wajah mereka tampak sumringah bisa mendapatkan gula dengan harga lebih murah dibanding harga di warung-warung. “Ini hanya Rp12 ribu per kilo. Di warung-warung hargahya Rp16 ribu,” Ihu Aminah J. Tamu yang membeli gula hasil OP sebanyak 4 kg.

Warga Kota Manado antri membeli gula pasir murah hasil Operasi Pasar Inkopkar

Warga Kota Manado antri membeli gula pasir murah hasil Operasi Pasar Inkopkar

Perempuan paruh baya ini mengaku merasa terbantu dengan adanya OP ini. “Sangat terbantu apalagi seperti kami ini orang susah,” katanya. Tak hanya ibu-ibu rumah tangga. Juga terlihat sejumlah kepala keluarga ikut antrian berjejer menunggu pembagian gula OP tersebut.

“Jelang lebaran begini tentu bahan-bahan pokok seperti gula ini sangat dibutuhkan. Saya saja langsung membeli 6 kilo. Mumpung murah, yah diborong saja,” kata Mohammad Halim, seorang bapak yang mengaku tinggal di Kecamatan Tuminting. Sejumlah warga berharap, OP yang dilakukan Inkopkar ini lebih sering di saat sembako mengalami krisis.

Data dari Kemendag, kebutuhan gula saat ini di Indonesia per bulan mencapai 220 ribu per ton. Stok yang tersedia 232 ribu per ton. “Ini stok sambil menunggu musim panen. Jadi bukan defisit yah, tapi pasokan dari hasil panen petani gula belum memenuhi kebutuhan. Jadi pemerintah bersama Inkopkar menggelar OP untuk memenuhi kebutuhan lebaran,” jelas Sekjen Kemendag, Sri Agustina. (antoreppy)