IKLAN

Anggota DPRD Manado, Tinjau Lahan 16 Persen Milik Pemkot


Sejumlah anggota DPRD Manado, saat melakukan dialog dengan pihak pengembang di lokasi lahan 16 persen.

Sejumlah anggota DPRD Manado, saat melakukan dialog dengan pihak pengembang di lokasi lahan 16 persen.

MANADO – Sejumlah anggota DPRD Kota Manado, Selasa, (10/02) melakukan kegiatan turun lapangan  dengan mengunjungi kawasa Manado Tows Squer dan magamas. Kegiatan turun lapangan yang diikuti oleh rata-rata personil komisi A tersebut meninjau lanjut keberadaan lahan 16 persen.

“Hanya turun lapangan bisa, sebagai wakil rakyat  yang memiliki fungsi pengawasan. Kami ingin mengenal aset daerah yang diserahkan pihak pengembang kepada pemerintah kota sebagai bentuk kontribusi bagi masyarakat Manado,” Kata Anter.

Sementara anggota DPRD lainnya Bambang Hermawan, mengatakan bahwa pihaknya perlu mendalami keberadaan beberapa bangunan yang berdiri diatas lahan 16 persen, yang menurut informasi dari pihak pengembang diluar peruntukkan.

“Kami diberi nformasi soal batas-batas wilayah lahan 16 persen. Khususnya di kawasan megamas. Ternyata ada beberapa bangunan yang berdiri tepat diatas lahan 16 persen yang sesuai keterangan pengembang, itu diperuntukan sebagai hutan kota. Kami perlu mengetahui, kenapa ada bangunan di lahan tersebut,” tegas Hermawan.

Apabila terjadi pengalihan peruntukan lahan yang merupakan aset daerah, harusnya memiliki payung hukum yang jelas. “Jika sebuah aset dialih fungsikan, harus memiliki dasar hukum yang tetap dan harus mendapat persetujuan lembaga DPRD. Anehnya, dar informasi yang diperoleh melalui teman-teman anggota dewan periode lalu, katanya mereka tidak mengetahui alih fungsi lahan 16 persen tersebut,” terang Ketua Fraksi PAN ini.

Beberapa bangunan yang berdiri dilahan 16 perses, seperti Museum Coelacanth, gedung youth center dan bangunan pengelola ipal.

Sejumlah anggota DPRD yang melakukan peninjauan lahan 16  persen diantaranya Royke Anter, Robert Tambuwun, Arthur Paath, Hengky Kawalo, Mona Kloer, Syarifudin Saafa, Bambang Hermawan, Michael Kalonio dan Roy Maramis. (christian).

 

Manado Fiesta 2017