IKLAN

Dana Baru Rp. 7 Miliar, Pemkot Bitung Genjot PAD

Anggaran Pilkada Rp. 24 Miliar


Dana Baru Rp. 7 Miliar, Pemkot Bitung Genjot PAD

Hanny Sondakh

Hanny Sondakh

BITUNG- Menindaklanjuti surak dari Menteri Dalam Negeri kepada 68 Kepala Daerah yang akan menggelar Pilkada serentak tahun 2015, nomor: 900/1196/SJ tertanggal 9 Maret 2015, perihal Pendanaan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota tahun 2015, Pemerintah Kota Bitung terus berupaya mencari solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan anggaran Pilkada.

“Anggaran yang dibutuhkan dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur Sulut dan Walikota Bitung sebesar Rp. 24 miliar, sedangkan dana yang dimiliki Pemkot saat ini baru Rp. 7 miliar. Pemkot akan terus berusaha mencari cara memenuhi kekurangan anggaran pelaksanaan Pilkada tersebut,” kata Walikota Bitung Hanny Sondakh, Jumat (16/4).

Menurutnya, ada tiga cara yang akan dilakukan yakni memacu Pendapatan Asli Daerah (PAD), sharing anggaran dari Provinsi berdasarkan Permendagri nomor 57 tahun 2009 pasal 8B ayat (2) yang intinya mengatakan apabila Kabupaten/Kota kekurangan dana Pilkada maka provinsi wajib membantu. Dan yang ketiga adalah bantuan dari Pusat.

“Ada surat baru masuk dari Mendagri, hari Senin (19/4-red) Pemkot Bitung bersama dengan KPU diundang untuk koordinasi terkait pelaksanaan Pilkada di Kota Bitung,” jelasnya.

Adapun perincian anggaran Pilkada yang dimasukan, kebutuhan KPU Kota Bitung Rp. 19 miliar, Panwas Rp. 3 miliar dan Polres Rp. 2 miliar. (jones)

 

Manado Fiesta 2017