IKLAN

Ai Masuk Nominasi, Prediksi Para Kadidat akan Maju Muscab PD Manado


Para kandidat yang diprediksi akan maju bertarung di Muscab Partai Demokrat Manado

Para kandidat yang diprediksi akan maju bertarung di Muscab Partai Demokrat Manado

MANADO – Seiring berhembusnya pelaksanaan Musyawarah Cabang Partai Demokrat (Muscab PD) Kota Manado yang diwacanakan akan digelar September bulan depan, ada beberapa kandidat dipehitungkan akan maju bertarung memperebutkan pimpinan kepengurusan partai berlambang Bintang Mercy itu periode lima tahun kedepan.

Dari riak-riak politik berkembang, sedikitknya diprediksi ada tujuh kandidat masuk nominasi.

Noortje Van Bone, Michael Towoliu, James Karinda, Royke Anter, Jackson Kumaat, Lock Kojongian dan paling gres dibicarakan Harley ‘Ai’ Mangindaan ikut disebut-sebut akan maju.

Ketujuh kandidat ini masing-masing punya keunggulan di arena politik internal Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Semisal Noortje Van Bone. Selain dekat DPP, dia juga saat ini memegang jabatan Ketua DPRD Manado yang dipercayakan Ketua DPD PD Sulut, GS Vicky Lumentut sebagai Plt PD Manado.

Tak jauh beda dengan Jacko, sapaan Kumaat. Punya hubungan khusus dengan keluarga SBY, juga kader PD yang terpilih dua periode Ketua KNPI Sulut saat ini. Gaya memimpin organisasi sudah teruji.

Begitu juga Mic, sapaan Towoliu. Punya andil besar kemenangan GS Vicky Lumentut-Mor Bastiaan (GSVL-MOR) dalam Pilkada Manado belum lama ini.

Figur non politisi yang dianutnya, Mic juga punya kedekatan khusus dengan GSVL. Dia salah satu sukses mengantar GSVL-MOR ke kursi singasana Wali Kota-Wawali Manado dengan menggerakan mesin organisasi independen sebagai ketua Tim Rajawali.

Tak ubahnya James Karinda. Kader democrat punya kepiawaan di panggung politik. Mantan anggota DPRD Manado kini duduk di DPRD Sulut. Andil Karinda juga diperhitungkan bagi kemenangan GSVL-MOR di Pilkada Manado yang berujung di Mahkamah Konstitusi (MK).

Karinda dengan asosiasi pengacaranya berhasil mendampingi GSVL-MOR memenangkan gugatan Pilkada Manado di MK ketika itu. Sementara Royke Anter, juga punya catatan khusus di mata GSVL-MOR.

Politisi PD dua periode di DPRD Manado yang awalnya sempat disangsikan pilihan politiknya di Pilkada, ternyata sukses merengut suara paling banyak di Dapil Tikala untuk GSVL-MOR dibanding anggota fraksi lain di DPRD Manado di masing-masing dapil mereka.

Begitu juga Lock Kojongian. Tercatat politisi senior DPD PD Sulut. Secara garis politik, Kojongian dan Anter mempunyai hubungan sangat dekat dengan Mor. Ketika suami tercinta Ny. Imelda Bastiaan-Markus Ketua DPD PD Manado beberapa waktu lalu, Kojongian dan Anter punya peran penting membawa Mor duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Manado di periode kedua anggota dewan.

Bagaimana Ai yang disebut-sebut akan ikut bertarung? Ketokohan sang ayah, E.E Mangindaan hingga kini masih sangat familiar di internal kader democrat. Sebagai wakil ketua MPR-RI dan politisi kawakan PD di tingkat pusat, ‘Roh’ Lape, sebutan E.E. Mangindaan masih bisa mempengaruhi konstalasi Muscab nanti.

Sementara Ai sendiri, di internal PD Manado saat ini, masih diperhitungkan di beberapa pengurus kecamatan. Dari ketujuh kandidat yang masuk nominasi maju di Muscab semua berpeluang. Tergantung aturan AD/ART partai. Semoga…!!! (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017