IKLAN

Ada ASN Kurang Paham LPPD, Dideadline 3 Bulan Masukkan Laporan Pasca Berakhir APBD


Sekda Kota Manado, MHF Sendoh memberi motivasi kerja kepada ASN jajaran Pemkot Manado dalam sosialisasi LPPD dan Rekonsiliasi Data-Data IKI tahun 2015 siang tadi. (foto: daniel/medco)

Sekda Kota Manado, MHF Sendoh memberi motivasi kerja kepada ASN jajaran Pemkot Manado dalam sosialisasi LPPD dan Rekonsiliasi Data-Data IKI tahun 2015 siang tadi. (foto: daniel/medco)

MANADO – Ternyata masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Manado kurang paham penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).

Ini terungkap dalam sosialisasi LPPD dan Rekonsiliasi Data-Data Indikator Kerja Kunci (IKK) tahun 2015, Rabu (2/3) siang tadi di salah satu hotel berbintang di Kota Manado.

Kurang pahamnya sejumlah aparat dalam penyusunan LPPD ini diakui Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum, Jerry Lasut SH.M.H.

“Faktor menjadi penyebab sehingga masih banyaknya kekurangan dari semua LPPD yang disampaikan kepada pemerintah salah satunya faktor belum pahamnya aparatur pemerintah yang menangani LPPD, baik didalam menyiapkan data atau bahan laporan maupun dalam menyusun LPPD,” kata Lasut dalam sosialisasi yanmg dihadiri Sekretaris Daerah Kota Manado,Ir.M.H.F Sendoh mewakili Penjabat Wa;I Kota, Royke Roring, Asisten I, Josua Pengkerego, seluruh Dinas, Badan, Sekretariat DPRD, SKPD di secretariat daerah dan kecamatan di jajaran Pemkot Manado.
Sendoh dalam sambutan, menegaskan sosialisasi penyusunan LPPD dan IKK ini memiliki makna sangat strategis, karena penyusunan LPPD salah satu fase yang penting dalam siklus mekanisme penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai undang-undang nomor 23 tahun 2014.

“LPPD merupakan dasar evaluasi pemerintah terhadap pelaksanaan pemerintahan daerah sekaligus sebagai bahan pembinaan lebih lanjut, dan menurut peraturan pemerintah nomor 3 tahun 2007, LPPD harus sudah disampaikan paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir,” Sekda.
Dia menambahkan, penyusunan LPPD harus tepat dan akurat, serta didasarkan atas prinsip transparansi dan akuntabilitas, agar selanjutnya LPPD dapat digunakan sebagai data valid dan terpercaya.

“Ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah di waktu-waktu ke depan,” katanya. (medco/nto)

 

Manado Fiesta 2017