IKLAN

504 Pala Miliki Motor Sampah, GSVL-MOR : Manado Harus Bersih, Sehat dan Nyaman


Walikota Manado GS Vicky Lumentut secara simbolis menyerahkan kunci motor sampah kepada Camat Wanea Mario Karundeng, dalam upacara bendera HUT Kota Manado beberapa hari lalu.

MANADO — Komitmen Walikota Manado GS Vicky Lumentut bersama Wakil Walikota Mor Bastiaan untuk Manado bersih, perlahan diwujudkan. Hal ini terbukti melalui penyerahan kunci motor secara simbolis kepada Camat di Kota Manado, dengan harapan penyerahan motor sampah bisa menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) setelah penyerahan kunci motor sampah kepada Camat se-Kota Manado beberapa hari lalu menuturkan setiap Camat wajib untuk membuat lingkungannya bersih dan nyaman. Apalagi, kondisi sekarang jumlah motor sampah sudah memenuhi kuota Kepala Lingkungan (Pala). Sehingga diharapkan dengan adanya pemenuhan tersebut, pihak Kecamatan maupun Kelurahan dapat mengontrol kinerja Pala, terkait kebersihan lingkungan.

“Camat, Lurah maupun Pala wajib untuk menjaga lingkungannya tetap bersih dan nyaman. Apalagi saat ini masing-masing Pala sudah mempunyai motor sampah. Sehingga diharapkan ada keseriusan dan kesadaran bagi penanggungjawab untuk melaksanakan tugasnya sesuai yang diharapkan. Yaitu menciptakan dan menjaga lingkungan tetap bersih, sehat dan nyaman. Bila perlu dalam bekerja diberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk bisa membuang sampah pada tempatnya dengan waktu yang sudah ditentukan,” tukas Walikota GSVL.

Sambungnya, bila ditemukan ada lingkungan yang masih kotor dan minim aksi kebersihan lingkungan oleh Pala, maka yang bersangkutan harus siap diganti. Karena, sebelum dilantik menjadi Pala, masing-masing dari mereka sudah membuat perjanjian untuk siap berhenti bila tidak bekerja dengan baik.

Terpisah, Wakil Wali Kota Mor Bastiaan menjelaskan jika sebelumnya kuota motor sampah belum bisa memenuhi jumlah Pala di Kota Manado. Maka, saat ini setiap Pala sudah bisa merasakan memiliki motor sampah, dan siap dlakukan pembersihan lingkungan.

“504 Pala se-Kota Manado saat ini sudah memiliki motor sampah. Jumlah ini sejak lama sudah ditunggu, dan berharap ada perubahan di wajah Kota Manado untuk lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman. Sehingga, dengan situasi semacam ini, para Camat, Lurah dan Pala dituntut untuk kerja maksimal, dan jangan malas,” terang Wawali Mor. (Sten).