IKLAN

36.700 Pengguna Narkoba Tersebar di Sulut, 361 Kini Direhabilitasi di Ratumbuysang


Kepala BNN Sulut, Kombes Pol Sumirat dan Kepala BNN Manado, AKBP Elly Sopacoly

Kepala BNN Sulut, Kombes Pol Sumirat dan Kepala BNN Manado, AKBP Elly Sopacoly

MANADO – Tak heran belum lama ini seluruh kepala daerah diundang Presiden Jokowi membicarakan persoalan narkoba bersama Badan Narkotika Nasional (BNN). Salah satu solusi, pemerintah daerah diajak bersama-sama memberantas peredaran barang yang bisa melemahkan bangsa ini. Indonesia sendiri salah satu pengguna narkotik tersebesar se Asean.

“Dalam pertemuan itu, diminta agar kita bisa merehabilitasi  setidaknya  400.000 pecandu yang ada di Indonesia. 10 tahun ke depan Indonesia diharapkan bisa terbebas dari Narkotika,’’ kata Kombes Pol Sumirat Dwiyanto.Msi, Kepala BNN Sulut, Senin (9/2) saat menghadiri Hari Pers Nasional ke 69 di jalan roda (Jarod).

Di Sulut sendiri Sumirat resmi bertugas di Sulut kemarin, ada 36.700 pengguna narkoba dengan prefalensi 2,01 %. Artinya masih di bawah rata-rata di tingkat nasional. ‘’Meskipun begitu, kita tidak harus berdiam diri tidak berarti kita tidak menindaki para pengguna ini, seminimal mungkin sekitar 4000 orang harus direhabilitasi per tahunnya,” tandasnya didampingi Kepala BNN Manado AKBP Elly Sopacoly.

Menurut Sumirat, yang nantinya akan direhabilitasi adalah pecandu dan pengedar. “Pecandu adalah pengguna dan penyalahgunaan Narkotika yang dalam ketergantungan, nanti yang akan menilai seseorang pecandu atau pengedar adalah Tim Assesment Terpadu yang terdiri dari Tim Medis dan Tim Hukum,” jelasnya.

Ada tiga kriteria nantinya bisa dikategorikan apakah para pengguna ini akan direhabilitasi atau dipenjarakan. Pertama, pecandu murni itu direhabilitasi. Kedua, adalah pecandu sekaligus pengedar yang kemudian dimasukkan ke dalam Lapas yang ada tempat Rehabilitasi, sedangkan ketiga pengedar dimasukkan kedalam Lapas. Yang mengetahui hal tersebut adalah tim Assesment Terpadu yang terdiri dari Tim Medis dan Tim Hukum,  tim Assesment lah yang nantinya akan mengusulkan kepada hakim dalam persidangan.

Sementara untuk Kota Manado menurut Kepala BNN Manado Elly Supacoly, tercatat ada sekitar 3000 orang pengguna narkoba tersebar di bukukota Sulut ini. “Untuk saat ini ada 361 sedang direhabilitasi di rumah sakit Ratumbuysang Sario,” ungkap mantan Kasat Intel Polresta Manado ini. (chris)

 

 

Manado Fiesta 2017