IKLAN

348 Peserta, Ikut Ujian Paket C di Manado


Kadis Diknas Manado Corry Tendean saat memantau langsung pelaksnaan Ujian Paket C di SMP Negeri 7 Manado, (foto:romel/SE)

Kadis Diknas Manado Corry Tendean saat memantau langsung pelaksnaan Ujian Paket C di SMP Negeri 7 Manado, (foto:romel/SE)

MANADO – Sebanyak 348 orang yang terdaftar mengikuti ujian Paket C untuk mendapatkan ijasah SMA Sederajat, bertempat di SMP Negeri 7 Manado, Senin (13/4) kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Kota Manado, Corry Tendean, kepada Wartawan menjelaskan, peserta yang terdaftar untuk mengikuti ujian Paket C berasal dari 8 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Manado.

Menurutnya yang terdaftar 348 peserta, tetapi yang hadir ikut ujian paket C belum semuanya. Dari informasi yang didapat oleh Kadis Diknas Manado ini, bahwa peserta yang lain masih dalam perjalanan.

Ditegaskan Tendean, semua dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan dan berakhir pada 15:30, kalau para peserta hadir sebelum waktu yang ditentukan berakhir akan dilayani tetapi kalau telah lewat dari waktu yang dijadwalkan sudah tidak dilayani lagi. Pihaknya sebagai pelaksana akan meminta alasan sehingga terlambat hadir dan masih bisa difasilitasi untuk susulan, namun kalau tidak hadir sama sekali otomatis dinyatakan gugur.

“Hari ini ada dua bidang study yang di lakukan ujian,untuk pengawas dari PKBM masing-masing dan dilakukan sistem silang. Jadi dari PKBM Nyiur misalnya mengawas di PKBM Pingkan begitu sebaliknya,jadi bagi peserta yang terlamabat datang bisa difasilitasi untuk ujian susulan tetapi kalau tidak hadir sama sekali dinyatakan gugur,”jelas Tendean.

Ditambahkan Tendean, untuk soal ujian Paket C tingkat kesulitannya hampir sama dengan reguler. Untuk soal ujian paket C lembarannya telah disiapkan oleh Diknas Provinsi, dan berbeda dengan ujian reguler tetapi ada kisi-kisinya.

“Tingkat kesulitan untuk soal ujian Paket C hampir sama dengan Reguler, tapi yang pasti ada kisi-kisi untuk reguler seperti apa dan Paket C seperti apa. Semua naskah Ujian Paket C telah disiapkan oleh Provinsi dan Kota Manado hanya menerima naskah dari Provinsi saja, jadi Kota Manado tidak menyusun naskah,”kata Tendean menutup.(antoreppy)