IKLAN

2017 Pemkab Mitra Bakal Salurkan 250 Ribu Bibit Cengkeh Dan 50 Ribu Bibit Pala


Bupati James Sumendap SH

Bupati James Sumendap SH

RATAHAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) berencana membagikan 300 ribu bibit, yang terbagi atas 250 ribu bibit cengkeh dan 50 ribu bibit pala.

Bibit tersebut akan disalurkan lewat kelompok tani yang ada di Kabupaten Mitra, seperti yang dikatakan Bupati Mitra James Sumendap SH, Senin (29/8).

“Bibit cengkeh dan pala direncanakan tahun depan akan disalurkan, namun untuk tahun ini sudah ada 35 ribu bibit cengkeh,” ujar Sumendap.

Dirinya menjelaskan, bibit akan diberikan kepada kelompok tani yang masih aktif dan bukan kelompok tani “abal-abal”, kemudian kelompok tani yang akan menyalurkan ke petani yang ingin menanam dan merawat.

“Kelompok tani yang tidak jelas pasti tidak dapat. Penyaluran nanti berbasis kelompok, kalau ada kelompok abal-abal yang dapat bibit, kelompok tersebut akan bertanggung-jawab secara administrasi maupun secara hukum,” jelasnya.

Sumendap menargetkan pada 2018–2019 nanti akan disalurkan pupuk cengkeh, dan diharapkan pada 2022 cengkeh sudah bisa dipanen.

“Setelah penyaluran bibit cengkeh, akan ada penyaluran pupuk cengkeh. Ditargetkan pada 2022 nanti cengkeh sudah bisa dipanen,” tukas Sumendap. (fensen)