IKLAN

19 Oktober Jokowi Resmikan Bandara Miangas, Olly Tinjau Talaud dan Ribuan Personil Standby


Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Pangdam VII Wirabuana dan Forkopimda Sulut sore tadi Senin (17/10) lakukan kunjungan kerja di pulau terluar NKRI yaitu di Pulau Miangas Talaud, (foto:Ist)

Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Pangdam VII Wirabuana dan Forkopimda Sulut sore tadi Senin (17/10) lakukan kunjungan kerja di pulau terluar NKRI yaitu di Pulau Miangas Talaud, (foto:Ist)

TALAUD– Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meninjau langsung pulau Miangas di Kepulauan Talaud, Senin (17/10) sore tadi. Selain itu personel pengamanan lebih dimatangkan. Hal ini berkaitan dengan kedatangan Presiden RI Joko Widodo yang akan meresmikan bandara Miangas, Rabu (19/10) nanti.

Diketahui, sore tadi saat kunjungan Gubernur didampingi Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, unsur Forkopimda Sulut, dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung MSi, menggunakan pesawat khusus TNI berangkat menuju Pulau Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (17/10).

Kunjungan Gubernur bersama Pangdam VII Wirabuana dan Forkopimda Sulut ini untuk melihat langsung kesiapan Bandara Miangas yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, pada Rabu (19/10) lusa.

Terkait kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Sulut, tepatnya di Pulau Miangas. Selama dua hari, kunjungan kerja orang nomor satu di Indonesia tersebut akan diamankan sekitar 1500 personil gabungan dari TNI Polri.

Apel siaga kedatangan Presiden RI dipimpin 1 Kapolda Sulut Irjen Pol Wilmar Marpaung di Mapolda Sulut pada Senin (17/10) pagi tadi sekira pukul 07.00 Wita.

Marpaung mengatakan seluruh pihak terlibat dalam pengamanan harus bekerjasama dan bersinergi secara prima agar seluruh rangkaian kegiatan Presiden dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Yang menjadi sasaran pengamanan selain obyek pribadi Presiden RI dan rombongan adalah sarana transportasi, barang/benda, lokasi maupun kegiatan yang dilakukan. Kita perlu menjamin keamanan atas aspek sasaran tersebut dari adanya kemungkinan ancaman maupun hambatan,” ujar Marpaung.

Guna memastikan kesiapan, dalam apel gelar pasukan pagi tadi, Kapolda bersama Danrem 131/Santiago, Danlanudsri, Wadanlantamal VIII Manado, Wakapolda Sulut dan sejumlah Pejabat TNI lainnya memeriksa langsung pasukan yang ditugaskan beserta kendaraan operasional.

Direncanakan, Presiden Republik Indonesia beserta rombongan akan meresmikan bandar udara di Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud. Jumlah personel yang untuk pengamanan sebanyak 1.819, terdiri dari TNI AD 753 personel, TNI AL 269 personel, TNI AU 123 personel, Polri 453 personel dan Pemda 221 personel.

(eka/hmPS/kandi)