IKLAN

Wali Kota GSVL: Sangat Berdosa Saya Jika Menahan Hak Guru di Kota Manado


image

MANADO – Sejumlah Guru yang ada di Kota Manado akhir-akhir ini menyampaikan aksi protes serta keluhan mereka terkait kesejahteraan mereka yaitu TTP, Sertifikasi, Angaran Makan Minum serta selisih gaji yang belum terbayarkan hingga saat ini.

Menanggapi akan hal ini Walikota Manado GS Vicky Lumentut bersama Dinas Pendidikan Kota Manado, melakukan tatap muka langsung dengan para guru SD,SMP dan SMA/SMK yang ada di Kecamatan Tikala untuk mendengar langsung keluhan serta aspirasi para guru serta mencari solusi atas semua keluhan para tenaga pengajar yang ada di Kota Manado, yang dilaksanakan di Aula SMK 2 Manado, Rabu (19/8).

Pada kesempatan itu Walikota Manado meminta agar para guru dapat menyampaikan langsung keluhan yang menyebabkan kesejahteraan para tenaga pendidik ini belum terelalisasi, dengan harapan diskusi ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga menghasilkan solusi yang terbaik.

Seorang guru menyampaikan pegeluhannya di depan Wali Kota, GS Vicky Lumentut

Seorang guru menyampaikan pegeluhannya di depan Wali Kota, GS Vicky Lumentut

“Mari para guru sama-sama kita berdiskusi jangan malu dan sungkan untuk menyampaikan keluhan. Jujur, hampir setiap hari Saya menerima sejumlah keluhan terkait kesejahteraan guru dan saya berinisiatif untuk secara langsung melakukan tatap muka langsung dengan para guru yang ada di Kota Manado agar saya bisa tahu secara persis apa yang menjadi kendala hingga hak para guru ini belum terbayarkan. mungkin pihak diknas dan Badan Keuangan yang lambat mengurus atau mungkin ada sejumlah aturan yang belum diketahui para guru terkait mekanisme pembayaran hak guru ini,”ujar GSVL sapaan akrab Walikota.

Walikota GSVL juga menepis adanya isu yang beredar bahwa Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Walikota Manado yang sengaja menahan dana sertifikasi para guru ini, serta mempersulit mekanisme pembayaran kesejahteraan para tenaga pendidik yang ada di Kota Manado.

“Mudah-mudahan dengan adanya pertemuan ini kita dapat pemahamaman dengan jelas dan saling terbuka, jangan sampai nanti ada lagi yang sebarkan isu Walikota tahan hak guru di bank kong ambe depe bunga atau Pemkot Manado sengaja beking susah aturan terima hak guru, Jadi dosa besar buat saya untuk tahan hak para guru. Sekarang tidak ada celah sedikitpun untuk mengambil dana sembarangan karena selalu diawasi oleh pihak yang berwenang,”jelas Lumentut dengan dialeg Manado. (anto/lipsus)

Menindaklanjuti keluhan para guru yang ada di Kota Manado, Walikota Manado akan turun langsung berdiskusi dengan para guru yang ada di Kota Manado di setiap kecamatan. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan kota Manado, Kepala BPBMD Kota Manado, Kepala BKD Kota Manado serta Kepala Bagian Humas & Protokol Kota Manado, Franky Mocodompis. (anto/advnews)

 

Manado Fiesta 2017