IKLAN

1050 Warga Desa Kanaan Masih Terisolasi


DUMOGA– Hari kedua tim Pansus LKPJ Gubernur melakukan kunjungan kerja di daerah Bolmong Raya, Selasa (19/4).

Tim Pansus LKPJ saat berada di Desa Kanaan, melihat langsung kondisi jalan dan sungai tempat menyeberang warga.

Tim Pansus LKPJ saat berada di Desa Kanaan, melihat langsung kondisi jalan dan sungai tempat menyeberang warga, Selasa (19/4)

Dalam kunjungan kali ini, Pansus LKPJ yang terdiri dari Jems Tuuk, Deni Sumolang, Ainun Talibo, Ardyansah Imban menemukan 1050 jiwa masyarakat yang ada di Desa Kanaan Kecamatan Dumoga Timur masih terisolasi dengan dunia luar.

Dari hasil kunjungan kerja, Pansus menemukan sarana infrastruktur seperti jalan yang menghubungkan Desa Kanaan dan Toruakat belum ada. Sehingga harus melewati sungai.

Sangadi Desa Kanaan Herlik Bagit menjelaskan, keadaan selama ini warga haruslah menyebrang sungai apabila akan keluar menuju luar desa. Ditambah lagi fasilitas jalan yang rusak parah harus dihadapi warga.

“Awalnya warga merasa senang karena sudah dibangun jembatan. Namun ternyata pembangunan jembatannya sampai sekarang belum selesai jadi belum bisa digunakan,” tegas Sangadi Herlik.

Sementara personil Pansus LKPJ, Jems Tuuk yang meninjau langsung lokasi mengakui Pembangunan Jembatan penghubung akses desa transmigrasi Kanaan haruslah dilakukan peyerahan aset dari pemerintah Kabupaten kepada Provinsi agar pembangun jembatan tersebut dapat dianggarkan.

“DPRD Sulut akan mengupayakan pembangunan jembatan ini. Intinya pelepasan aset. Jika Provinsi langsung melakukan pekerjaan di aset milik Pemkab, bisa jadi temuan saat pemeriksaan nanti,” kata Tuuk.

Sambil mengakui anggaran untuk pembuatan jembatan ini dapat dilakukan di APBD-Perubahan.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum JE Kenap melalui Kepala Seksi Cipta Karya dan Sumber Daya Air Sonny Tangel.

Tangel menjelaskan pekerjaan jembatan penghubung Desa Kanaan haruslah melalui perubahan penyerahan aset serta pengajuan perubahan SK Gubernur mengenai aset yag dikelola oleh Dinas PU Sulut. (mom)